Tuesday, May 5, 2015

Manfaat dan khasiat bawang putih

 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan 

Bawang putih kerap kita kenal sebagai bumbu masakan dan sudah terkenal di seluruh dunia. Bawang putih merupakan tanaman yang telah digunakan sejak zaman mesir kuno.  Di dalam bawang putih terdapat  allicin memang salah satu zat yang digunakan sebagai ubat. Allicin ini merupakan salah satu komponen biologis aktif yang paling utama dan besar kandungannya dalam bawang putih. 

1. Kandungan allicin

Apa fungsi dari allicin ini ?  Ia  adalah  zat anti bakteri yang terkandung dalam bawang putih. Khasiat zat ini ialah:
  • Menurunkan berat badan
  • Mengencerkan darah
  • Mencegah hipertensi
  • Zat anti kanser
  • Antioksidan
  • Anti anti mikroba/bakteri.
Zat inilah yang membuat ciri khas pada bau bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan senyawa sulfur yang disebut Allicin, yang diyakini sangat besar peranannya untuk kesihatan.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Ini adalah manfaat bawang putih yang sudah teruji, telah banyak riset yang mengeluarkan fakta bahwa bawang putih efektif menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8% 3). Bahkan efek dari bawang putih ini dapat menurunkan tekanan darah pada orang normal.  

3. Bawang Putih Kaya Akan Nutrisi dan Rendah Kalori

nutrisi bawang putih
Bawang putih merupakan salah satu herbal yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Ia diperlukan oleh tubuh. Bawang putih sangat tinggi kandungan vitamin C dan Kalsium serta zat besi.
Berikut adalah ringkasan dari nutrisi yang diberikan oleh bawang putih per 136 Gr bawang putih 4):
  • Vitamin C; Memenuhi 71 % kebutuhan harian
  • Kalsium; Memenuhi 25 % kebutuhan harian
  • Besi; Memenuhi 13 % kebutuhan harian
  • Karbohidrat (45 gr); 15 % kebutuhan harian
  • Serat (3 g); memenuhi 11 % kebutuhan harian.
Nutrisi yang terdapat dalam kandungan bawang putih ini amat diperlukan tubuh manusia.  Namun, uniknya ia tidak mengandung zat atau nutrisi yang mungkin berbahaya bagi tubuh jika terlalu besar seperti lemak jenuh dan kalori. Ia dapat membantu menunjang kesihatan tubuh dan menjadikan kita bebas dari berbagai penyakit berbahaya.

4. Sumber antivirus/anti bakteri/ antioksidan yang sangat baik

Khasiat paling popular  bawang putih adalah sumber antioksidan yang sangat kaya dan tentunya diperlukan oleh tubuh. Bukan hanya untuk mencegah, bawang putih juga bertindak sebagai anti virus dan bakteri.   Zat yang terkandung dalam bawang putih ini dapat membantu mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi, dan virus serta cacing dalam tubuh 

5. Menurunkan kolesterol jahat (LDL)

Bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat. Ia mampu memangkas LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh secara signifikan, berbagai riset membuktikan bahawa ia dapat memangkas LDL sebanyak 10-15% )

6. Bawang putih efektif untuk kecantikan kulit

Khasiat bawang putih sangat baik untuk kecantikan kulit, iaitu:
  1. Membersihkan komedo. Komedo sering muncul didaerah hidung dan menggangu penampilan. Gosokkan pada tempat dihinggapi komedo.
  2. Menghilangkan noda bekas luka. Bekas luka terkadang membuat kurangnya rasa percaya diri bagi yang memlikinya. Manfaat bawang putih, memberikan sifat anti radang yang mampu membersihkan sisa luka pada kulit. Oleskan bawang putih pada bagian noda luka tersebut.
  3. Obat jerawat.  Gosokkan pada permukaan kulit yang terdapat jerawat. Biar 10 minit atau gunakan saat sebelum tidur. Keesokan harinya, jerawat akan mengempes dan lebih kecil, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil optima.
7. Bawang putih dapat mencegah berat badan

Bawang putih dapat membantu mengatur sel lemak yang terbentuk dalam tubuh kita. Obesiti atau berat badan terjadi ketika lemak terus terbentuk,. Ia mengubah Pre-adiposit menjadi sel-sel lemak (adipocytes) melalui proses yang kita namakan sistem inflamasi. Vinyldithiin zat yang terdapat pada bawang putih dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamasi ini yang tentu baik untuk mencegah berat badan .

8. Menghilangkan sakit gigi 

Bawang putih boleh membantu menghilangkan sakit gigi. Sakit gigi secara umum disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada gigi anda. Sifat anti virus serta bakteri yang ada pada bawang putih dapat membasmi dan menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi.  Ia juga memiliki kandungan analgesik yang baik untuk mengatasi sakit gigi anda.

9. Meningkatkan metabolisme zat besi

 Bawang putih dapat meningkatkan produksi protein yang membantu menjaga zat besi yang beredar dalam tubuh sesuai dengan keperluan.

Moga mendatang manfaat untuk kita semua.


No comments:

Post a Comment